Tentang Lulusan

Program Diploma III Kearsipan yang telah berdiri sejak tanggal 28 Juli 1994 telah meluluskan mahasiswa sejak tahun 1997. Lulusan Program Diploma III Kearsipan UGM sebagian besar terserap di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, serta sebagian lagi di perusahaan swasta, perguruan tinggi, rumah sakit dan perbankan.
Kebutuhan ahli madya (paraprofesional) bidang kearsipan sangat tinggi hampir di semua institusi/instansi baik pemerintah maupun swasta, hal ini karena setiap instansi yang berjalan pasti menghasilkan arsip dengan demikian perlu pengelolaan. Semakin tumbuhnya kesadaran akan pentingnya arsip bagi sumber informasi, maka banyak institusi/instansi yang dalam pengelolaan kearsipannya membutuhkan tenaga kearsipan dengan kualifikasi paraprofesional kearsipan.

Kualifikasi tersebut di Indonesia masih sedikit karena penyelenggara studi formal bidang kearsipan masih terbatas di beberapa perguruan tinggi negeri. UGM sebagai salah satu penyelenggara pendidikan program diploma kearsipan telah menunjukkan eksistensi dan kualitas lulusannya, hal ini terbukti dengan banyak terserapnya lulusan di dunia kerja terutama di instansi-instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Di tingkat pusat, lulusan program Diploma Kearsipan UGM telah menempati posisi arsiparis di banyak lembaga tinggi dan Kementerian seperti Sekretariat Negara, Kejaksaan Agung, Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Arsip Nasional Republik Indonesia dan lain-lain. Di tingkat pemerintah daerah, lulusan Diploma Kearsipan tersebar di Badan dan Kantor Arsip daerah yang hampir di semua Provinsi dan Kabupaten telah memiliki arsiparis lulusan Program Diploma Kearsipan UGM telah menunjukkan kualifikasi yang tinggi sebagai paraprofesional bidang kearsipan, sebagai indikator adalah semakin tingginya permintaan lulusan dari UGM untuk menempati posisi arsiparis maupun tenaga kearsipan diberbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.

Tinggalkan pesan